Pages

Wednesday, September 12, 2012

Jenis-jenis Dashboard

Dashboard merupakan tampilan data yang bersifat informatif dan interaktif yang ditujukan bagi penggunanya agar mengetahui kondisi perusahaannya atau departemennya sesuai dengan pilihan yang tersedia.
Jenis-jenis dashboard dapat dikategorikan menjadi 3 jenis, yaitu :

Dashboard Eksisting Data
Dashboard ini menampilkan data yang ada sesuai dengan pilihan yang tersedia. Dashboard ini menampilkan summary data sesuai dengan object-object yang dibutuhkan bagi pengambil keputusan. Biasanya data yang ada dibandingkan dengan target yang ingin dicapai. Pada dashboard ini dapat juga ditambahkan komponen Alert atau peringatan bila nilai realisasi tidak mencapai target yang diinginkan. Dashboard ini berfungsi untuk melihat kondisi terakhir dari data yang ada.

Dashboard Analysis
Dashboard ini dapat digunakan untuk pengambil keputusan untuk melakukan analysis data. Biasanya selain menampilkan data yang ada sesuai dengan pilihan yang tersedia, ditampilkan juga data pembanding untuk periode tahun sebelumnya. Dengan adanya data pembanding maka dapat dilakukan analysis bila terjadi perbedaan nilai. Selain itu dalam dashboard ini juga ditampilkan data trend untuk periode tertentu. Jadi bila ada kenaikan atau penurunan trend dapat dilakukan analysis untuk diketahui penyebabnya.

Dashboard What If Analysis
Dashboard ini berfungsi bagi pengguna untuk melakukan "what if analysis". Pada dashboard ini terdapat beberapa parameter yang dapat diubah nilainya. Perubahan nilai pada parameter tersebut akan berdampak pada hasil akhir yang diinginkan. Dashboard ini dapat dijadikan model untuk melakukan prediksi secara sederhana terhadap hal-hal yang diinginkan.

Link yang berkaitan :
- Apa itu Dashboard
Istilah-istilah Dalam Dashboard
XCelsius Dashboard
Xcelsius/SAP BusinessObjects Dashboards

No comments:

Post a Comment