Pages

Tuesday, September 4, 2012

Alur Data Dashboard Mulai Dari Datasource



Datasource bisa berasal dari bermacam-macam sumber, bisa dari Database Transaksional yang sudah ada, dari file-file Text, atau dari file Microsoft Excel.

Selanjutnya dari database dan file-file yang ada dilakukan proses Extract Transform dan Load (ETL) untuk menghasilkan database yang berupa summary dan terintegrasi antara berbagai sumber data. Dalam proses ETL ini dilakukan scheduling sesuai dengan kebutuhan.

Database yang dihasilkan ini selanjutnya disebut dengan Database Datawarehouse. Desain table dalam Database Datawarehouse harus memenuhi kebutuhan data untuk dashboard yang dirancang.

Supaya antara dashboard swf yang dibuat dapat berkomunikasi dengan database datawarehouse dibutuhkan Web Service. Web Service terdiri dari method atau fungsi yang berisikan query dari tabel-tabel dalam database datawarehouse

XCelsius/SAP BusinessObjects Dashboard adalah aplikasi yang digunakan untuk membuat Dashboard dengan hasil akhir berupa file swf. Dengan menggunakan XCelsius/SAP BusinessObjects Dashboard dapat juga diatur koneksi data dari web service yang telah dibuat.

No comments:

Post a Comment