Pages

Thursday, December 12, 2013

Permasalahan Query Browser di SAP BI Dashboards 4.1

Salah satu jenis koneksi data di SAP BusinessObjects Dashboards 4.1 adalah dengan menggunakan Query Browser.

Saat memilih Add Query maka akan muncul kotak dialog Login ke Server SAP BusinessObjects. Bila login sudah berhasil selanjutnya Pilih Universe (unx) yang akan digunakan.

Selanjutnya pilih object yang diinginkan untuk ditampilkan dalam dashboard.
Klik tombol Next, Finish.
Bila tidak ada permasalahan dengan koneksi database maka kedua proses terakhir tersebut akan berhasil dengan sukses, dan Query Browser bisa digunakan dalan SAP BI Dashboards.
Permasalahan akan muncul bila terdapat perbedaan jenis driver (64 bit dan 32 bit) dari koneksi database yang digunakan saat membuat Universe (unx).

Hal ini disebabkan karena Server SAP BusinessObjects BI 4.1 berjalan di system 64 bit, sehingga driver-driver database yang di support adalah 64 bit.
Sedangkan SAP BusinessObjects Dashboards 4.1 dan SAP BusinessObjects Clients Tools bisa diinstall dan dijalankan di system 32 bit.
Bila terdapat perbedaan driver database yang diinstall maka Query Browser tidak dapat dijalankan dengan normal.
Untuk database default efashion.mdb dan club.mdb, agar dapat digunakan dalam Query Browser maka harus dibuat koneksi dengan nama yang sama di ODBC 32 bit dan ODBC 64 bit.
Notes : Permasalahan ini tidak ditemui bila Universe digunakan saat membuat report dengan menggunakan Web Intelligence

6 comments:

  1. Pak Aris, terima kasih atas pencerahannya.

    Sekalian mau berkonsultasi:
    Saya install Xcelcius 4.0 dengan Windows 8. Xcelcius dapat diberjalan, dapat untuk desain canvas, tetapi ketika dijalankan (dipreview) data tidak dapat ditampilkan (tidak muncul).

    Sekedar info, di laptop saya menggunakan flasflyer ver 12.x.

    Mohon info dan pencerahannya. Terima kasih.
    Pri (sprynoo@yahoo.com.sg)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon di cek terlebih dahulu SAP BusinessObjects Dashboards 4 yang diinstall Service Pack berapa? Soalnya saya cek untuk SAP BusinessObjects Dashboards 4 yang release terakhir sudah sampai Service Pack 9. Thanks

      Delete
  2. Pak Haris, saya sudah install server dan client di 64 bit, tapi masih tidak bisa menjalankan query di query browser (dashboard design) error "Request processing failed. (XLS 000009) OLE DB Provider CLSID not specified or erroneous"

    Jika saya jalankan pada Webi, query dapat berjalan.

    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek koneksi database yang digunakan. Menggunakan driver 32 bit atau 64 bit. Permasalahan ini muncul karena koneksi database yang digunakan adalah 32 bit sedangkan sistem operasi pada server adalah 64 bit.

      Delete
  3. PAk Aris.. mohon info, kalau mnkin dapat saya hubungi.. saya dengna haris.. saya sudah email ke Pak Aris

    ReplyDelete
  4. could not execute query[SQL: 0, 08003]

    mohon pencerahan solusinya

    ReplyDelete