Pages

Tuesday, June 11, 2013

Dashboard Rumah Sakit

Berikut adalah contoh Dashboard Kunjungan Pasien Rawat Jalan Rumah Sakit. Dashboard ini menginformasikan jumlah kunjungan pasien per harinya pada tahun dan bulan terpilih.

Dashboards Rumah Sakit

Pada bagian atas terdapat pilihan Nama Poli, Tahun dan Bulan. Pilihan ini akan berpengaruh pada Line Chart di bawahnya. Sehingga dapat diketahui trend kunjungan pasien per harinya.
Bila pada titik-titik dalam Line Chart di klik maka akan berpengaruh pada Pie Chart Komposisi, Tabel Cara Bayar dan Tabel Jumlah Pasien Per Poli. Dengan demikian akan diketahui informasi komposisi kunjungan pasien per harinya.
Dengan adanya dashboard ini pihak manajemen Rumah Sakit dengan cepat akan mengetahui kondisi kunjungan pasien per harinya dilihat dari berbagai segi hanya dalam satu tampilan. Sehingga selanjutnya dia dapat dengan cepat mengambil keputusan yang diperlukan bila ada hal-hal yang tidak sesuai dengan target yang diinginkannya

3 comments:

  1. Saya faried saya juga pernah menggunakan xcelsius, tapi terkendala :
    a. xcelsius yang menggunakan windows 2007 n office 2013 masih belum ada
    b. tidak bisa digunakan dengan link data langsung ke mysql hanya bisa menggunakan xml dan tidak bisa dengan data yg banyak

    bisa email ke saya
    fariedmaruf@gmail.com
    bisa liat my web fariedmaruf.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. - XCelsius bisa menggunakan Sistem Operasi Windows 7 (32 atau 64 bit)
      - Syarat untuk instalasi XCelsius adalah harus terinstall terlebih dahulu Microsoft Excel.
      - Perlu diketahui juga Service Pack dari master XCelsius yang dipunyai, karena untuk Service Pack yang baru selain memperbaiki kesalahan pada release sebelumnya juga berhubungan dengan perkembangan sistem operasi yang ada.
      - Koneksi XCelsius dengan database selain melalui XML, bisa juga dilakukan dengan menggunakan web service. Web Service bisa digenerate melalui script aspx atau php. Jadi bila berhubungan dengan data yang besar dalam database dapat digunakan cara dengan membuat web service dan pengaturan trigger dari web service yang dibuat.
      Demikian penjelasan saya mudah-mudahan dapat memberikan solusi atas kendala di atas.

      Delete
  2. assalamualaikum, sblmnya terimakasih sudah memberikan pencerahan

    dan yang ingin saya tanyakan untuk pembuatan dashboard selain menggunakan xcelsius apa lagi ya pa? yang bisa langsung di gunakan dengan mysql

    terimakasih tolong di balas karena untuk bahan skripsi

    ReplyDelete