Pages

Saturday, August 11, 2012

Istilah dalam Data Warehouse

Berikut adalah istilah-istilah yang berkaitan dengan Data Warehouse yang diambil dari berbagai sumber :

Data Mart adalah suatu bagian dari data warehouse yang mendukung pembuatan laporan dan analisa pada suatu unit, bagian atau departemen pada perusahaan atau organisasi tertentu. Jadi data mart menangani sebuah business proses, misalnya hanya proses sales atau penjualan. Menurut Ralph Kimball, Data Warehouse tidak lain adalah sekumpulan dari Data Mart.



On Line Transaction Processing (OLTP) adalah suatu pemrosesan yang menyimpan data kegiatan operasional transaksi harian.

On Line Analytical Processing (OLAP) adalah database yang menyimpan data historical dari OLTP. OLAP menyimpan data yang bersifat multidimensional untuk tujuan analisa data dan pelaporan managemen dalam rangka pengambilan keputusan. Dalam OLAP pemrosesan database menggunakan tabel fakta dan dimensi sehingga dapat menghasilkan berbagai macam bentuk laporan dan analisis data.

Tabel Dimensi adalah tabel yang berisikan kategori dari ringkasan data detail yang dapat dilaporkan. Tabel ini mendeskripsikan setiap nilai dari suatu dimensi. Kondisi yang dipetakan dalam tabel dimensi umumnya berupa kondisi waktu, kondisi produk atau item, dan kondisi geografis. Tabel dimensi memiliki primary key yang sederhana

Tabel Fakta merupakan tabel yang umumnya mengandung angka dan data history dimana key yang dihasilkan bersifat unik, karena key tersebut terdiri dari foreign key yang merupakan primary key dari beberapa tabel dimensi yang berhubungan.

Decision Support Sistem (DSS) merupakan sistem yang menyediakan informasi kepada pengguna yang menjelaskan bagaimana sistem ini dapat menganalisa situasi untuk mendukung suatu keputusan yang baik

Penjelasan istilah-istilah dalam dashboard dapat dilihat pada link berikut Dashboard, Scorecard, Report, KPI, Indikator

No comments:

Post a Comment