Pages

Thursday, July 12, 2012

XCelsius/SAP BusinessObjects Dashboards

XCelsius/BusinessObjects Dashboard adalah salah satu software untuk membuat dashboard. File yang dihasilkan dari XCelsius berupa file swf, sehingga dapai dijalankan melalui web browser yang support adobe flash player. Sedangkan untuk desain dashboardnya diperlukan pengetahuan mengenai Microsoft Excel, khususnya penggunaan formula-formula di dalam Microsoft Excel.

Tahapan-tahapan dalam desain dashboard menggunakan XCelsius secara ringkas dapat dijelaskan sebagai berikut :  

Desain Excel dalam XCelsius
Desain file Excel dapat dilakukan dalam XCelsius atau dilakukan diluar aplikasi XCelsius. Desain file Excel ini merupakan desain data yang akan ditampilkan dalam dashboard. Semakin banyak row data yang diambil untuk ditampilkan dalam dashboard semakin lama performance untuk menampilkan dashboard yang dihasilkan. Oleh karena itu diperlukan pengetahuan mengenai penggunaan formula-formula dalam Excel.

Desain Tampilan Dashboard
Desain tampilan dashboard dapat dilakukan dengan melakukan proses drag and drop dari komponen XCelsius yang ada. Agar diperoleh informasi yang tepat dari dashboard yang dihasilkan maka perlu dilakukan pemilihan komponen XCelsius yang tepat pula. Sedangkan untuk memperindah tampilan dashboard diperlukan pengetahuan seorang desainer sehingga dashboard menjadi kelihatan menarik.  


Mapping Komponen XCelsius dengan File Excel
Tahap selanjutnya adalah mapping komponen XCelsius yang telah dipilih dengan file Excel yang telah dibuat. Sehingga komponen yang telah dipilih menampilkan data sesuai dengan file Excel yang telah dibuat.

Untuk menghasilkan dashboard yang interaktif dapat digunakan fasilitas Drilldown dan Visibility dari komponen XCelsius yang telah dipilih

No comments:

Post a Comment