Pages

Thursday, July 12, 2012

Pembuatan Dashboard XCelsius

Tahapan dalam desain dashboard dengan menggunakan XCelsius adalah sebagai berikut :

Desain Tampilan Dashboard
Desain tampilan ini dapat dilakukan dengan aplikasi drawing apapun. Atau bisa juga dengan menggunakan coretan menggunakan pensil. Desain tampilan ini selain menampilkan informasi yang akan ditampilkan harap juga diperhatikan kondisi data yang telah tersedia. Diharapkan saat pembuatan desain ini dibuat menjadi fix terlebih dahulu sebelum melangkah ke tahap desain menggunakan XCelsius.

Setting Document Properties dalam XCelsius
Sebelum mulai melakukan desain dashboard menggunakan XCelsius tentukan terlebih dahulu Document Properties dari dashboard yang akan dibuat. Sesuaikan ukurannya dengan ukuran layar dimana dashboard ini nanti akan dilihat.



Tentukan Themes dan Colors yang sesuai
Saat menentukan Themes yang sesuai pastikan bahwa semua komponen yang dibuat saat desain tersedia dalam themes tersebut.

Desain File Excel dalam XCelsius
File Excel yang dibuat menyesuaikan dengan data yang ada dan formatnya disesuaikan dengan kebutuhan komponen XCelsius. Semakin banyak row data yang diambil semakin membuat lama performance dashboard yang dihasilkan. Untuk memudahkan dalam desain beri warna cell yang berbeda untuk menunjukkan kriteria data pada cell yang dipilih. Bila diperlukan dapat juga dibuat sheet baru di file Excel untuk memudahkan dalam desain dashboard.

Desain Komponen XCelsius
Pilih komponen yang sesuai dengan data dan informasi yang dibutuhkan dalam dashboard. Untuk menjadikan dashboard menjadi interaktif dapat digunakan fasilitas Drilldown dan Visibility dari komponen XCelsius yang ada.

Export Flash (SWF)
Bila desain menggunakan XCelsius telah selesai maka dapat dilakukan Export menjadi SWF file. File ini dapat dijalankan melalui web browser yang support Adobe Flash Player. Usahakan file SWF berukuran kurang dari 2 Mb. Biasanya semakin besar ukuran file yang dihasilkan performance dashboard menjadi lambat.

No comments:

Post a Comment