Pages

Tuesday, July 9, 2013

Hal Yang Baru di SAP BusinessObjects Dashboards 4

Meskipun secara tampilan antara XCelsius 2008 dengan SAP BusinessObjects Dashboards 4 kelihatannya sama, tetapi sebetulnya banyak fasilitas yang baru di SAP BusinessObjects Dashboards 4, diantaranya sebagai berikut :

Save to Mobile
Dashboards Save to Mobile 
Di XCelsius 2008 fasilitas Save hanyalah untuk desktop sedangkan pada SAP BusinessObjects Dashboards 4 terdapat 3 pilihan yaitu Save to Mobile, Desktop, Desktop and Mobile.

Komponen Hierachical Table
Dashboards Hierarchial Table Component
Di SAP BusinessObjects Dashboards 4 terdapat tambahan komponen Selectors, yaitu komponen Hierarchical Table

Query Browser

Dashboards Query Browser
Di XCelsius 2008 untuk melakukan koneksi data melalui server BusinessObjects dapat dilakukan dengan menggunakan fasilitas Data Connection Query As A Web Service.
Di SAP BustinessObjects Dashboards 4 untuk melakukan koneksi data melalui server BusinessObjects dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu :
- Query As A Web Service
- Query Browser

Perbedaan antara Query As A Web Service dan Query Browser adalah sebagai berikut :

  • Fasilitas membuat Query As A Web Service ada setelah diinstall SAP BusinessObjects Client. Jadi fasilitas ini ada di luar aplikasi XCelsius 2008/SAP BusinessObjects Dashboards 4. Sedangkan fasilitas Query Browser ada di dalam aplikasi SAP BusinessObjects Dashboards 4.
  • Query As A Web Service menggunakan data source universe (*.unv) yang dibuat dengan menggunakan Universe Design Tool. Sedangkan Query Browser menggunakan data source universe (*.unx) yang dibuat dengan menggunakan Information Design Tool.

No comments:

Post a Comment