Pages

Tuesday, March 26, 2013

Penjelasan Ringkas Aplikasi SAP BusinessObjects BI 4

Berikut adalah beberapa aplikasi yang ada dari SAP BusinessObjects BI  4. Detail untuk masing-masing aplikasi bergantung pada jenis produk yang dibeli.

1. BI Launch Pad
2. BI Central Management Console
3. Information Design Tool
4. SAP Crystal Report Enterprise
5. Web Intelligence
6. Dashboard Design
7. SAP BusinessObjects Explorer
8. SAP BusinessObjects Mobile

Melihat banyaknya aplikasi tersebut menyebabkan para customer dari SAP BusinessObjects BI 4 kebingungan mau mempelajarinya dari mana terlebih dahulu, terutama untuk customer baru. Berdasarkan pengalaman berkecimpung dengan SAP BusinessObjects saya akan mencoba menjelaskan masing-masing aplikasi tersebut, berikut tahapan idealnya untuk mempelajari SAP BusinessObjects, khususnya SAP BusinessObjects BI 4 pada topik selanjutnya.

Penjelasan untuk masing-masing aplikasi adalah sebagai berikut :

BI Launch Pad
Adalah portal dari server SAP BusinessObjects. URLnya adalah sebagai berikut : http://(BO Webserver):(port)/BOE/BI. Di portal ini tempat semua aplikasi SAP Businessobjects dipublish. Untuk dapat masuk ke dalam portal ini harus mengisikan User Name dan Password yang terdaftar dalam server SAP BusinessObjects

BI Central Management Console
Adalah portal untuk melakukan administrasi pada portal SAP BusinessObjects server. URLnya adalah sebagai berikut : http://(BO Webserver):(port)/BOE/CMC. Termasuk didalamnya adalah membuat security dari user/group yang terdaftar pada server SAP BusinessObjects, setting integrasi user SAP BusinessObjects dengan user pada Windows AD/LDAP User/SAP user.


Information Design Tool
Adalah aplikasi untuk membuat universe (file dengan ekstension UNX). Hasil dari file Universe berupa Dimension dan Measure yang akan digunakan oleh aplikasi dari SAP BusinessObjects lainnya. Lewat file ini koneksi ke database datasource. File Universe yang dihasilkan selanjutnya dipublish ke server SAP BusinessObjects.

SAP Crystal Report Enterprise
Adalah aplikasi untuk membuat fix report. Untuk melakukan koneksi dengan database selain menggunakan Universe, bisa juga melakukan koneksi ke databasenya secara langsung. File yang dihasilkan dapat juga dipublish ke dalam server SAP BusinessObjects.

Web Intelligence
Adalah aplikasi untuk membuat web base ad hoc report dan analytical report. Untuk membuat report dapat dilakukan dengan melakukan drag and drop dari Dimension dan Measure yang dihasilkan dari file UNX. Demikian juga untuk melakukan formating report baik dalam bentuk Tabel, Crosstabs, maupun Grafik.

Dashboard Design
Adalah aplikasi untuk membuat dashboard atau visualisasi data interaktif. File yang dihasilkan berupa file SWF. Untuk melakukan koneksi data dengan database dapat menggunakan banyak cara antara lain melalui Query As A Web Service, Web Service, XML. Selain itu dapat juga melakukan koneksi melalui Query Browser yaitu koneksi dengan file UNX yang sudah dipublish di server SAP BusinessObjects. Bila menggunakan koneksi ini maka Dashboard dapat dipublish ke HTML 5 dan IPAD. Selain itu file dari dashboard design dapat juga di publish ke dalam server SAP BusinessObjects.

SAP BusinessObjects Explorer
Adalah aplikasi untuk menganalisis data secara interaktif dan cepat berdasarkan dimension dan measure dari file Universe yang telah dibuat. Dengan aplikasi ini dapat diketahui dengan cepat kondisi dimension dan measure yang ada. Secara default aplikasi ini tidak langsung ada setelah melakukan install SAP BusinessObjects BI 4 server, tetapi harus dilakukan instalasi baru setelah instalasi SAP BusinessObjects BI 4 server sukses. URL dari aplikasi ini adalah : http://(BO Webserver):(port)/explorer

SAP BusinessObjects Mobile
SAP BusinessObjects Mobile adalah aplikasi yang dapat di download secara free lewat appstore sesuai dengan peralatan Mobile yang ada, baik itu Blackberry, IPAD, IPhone, Android. Agar dapat melakukan koneksi dengan server SAP BusinessObjects BI 4, maka diperlukan konfigurasi pada server SAP BusinessObjects Server BI 4. Selain itu dari aplikasi SAP BusinessObjects yang telah di download harus dilakukan konfigurasi yang sesuai dengan server SAP BusinessObjects Server BI 4 yang ada.

Demikian penjelasan secara ringkas mengenai aplikasi yang ada dari SAP BusinessObjects BI 4.


No comments:

Post a Comment