Pages

Thursday, November 29, 2012

WSDL URL dan Web Service URL

XCelsius/SAP BusinessObjects Dashboards dapat melakukan koneksi dengan database melalui Web Service Connection atau Query As A Web Service.
Pada dua jenis koneksi ini terdapat dua kotak isian yang mirip yaitu WSDL URL dan Web Service URL.
Saat alamat WSDL URL diisikan dan ditekan tombol Import, secara otomatis kotak Web Service URL akan terisi dengan nama URL dari Web Service tersebut.

web service data manager

Permasalahan akan muncul bila web service tersebut bisa di akses dalam jaringan lokal dengan IP yang berbeda, misalnya IP Web Service adalah 10.1.10.1 sedangkan jaringan lokal mempunyai IP 192.168.1.xxx.
Permasalahan ini bisa juga terjadi bila terjadi perpindahan web servicenya dari server development ke dalam server production

Terdapat 2 cara untuk menyelesaikan permasalahan ini :


1. Dengan mengganti alamat WSDL URL dengan alamat yang baru

Cara ini dapat dilakukan tetapi akan membutuhkan waktu yang lama karena setiap dilakukan penggantian alamat WSDL URL dan klik Import, diperlukan lagi setting ulang pada kotak input value dan output value ke dalam sheet excel di dalam xcelsius untuk setiap web service yang ada.
Bila untuk kebutuhan dashboard tersebut terdapat web service dalam jumlah yang banyak maka dibutuhkan waktu yang lebih lama lagi

2. Dengan mengganti alamat Web Service URL

Saat melakukan cara ini tidak diperlukan penggantian alamat WSDL URL dengan alamat yang baru. Penggantian hanya dilakukan pada isian Web Service URL sesuai dengan alamat url dari web service tersebut. Pada proses ini tidak perlu dilakukan proses setting lagi terhadap kotak input value dan output value.

web service data manager

Hal yang sama juga dapat dilakukan untuk koneksi data dengan menggunakan Query As A Web Service. Cara ini bisa dilakukan juga bila akan dilakukan migrasi dashboard dari server Development ke dalam server Production

No comments:

Post a Comment